> Tindakan Heroik di Berbagai Daerah (Sulawesi Selatan)


Dr. Sam Ratulangi

                Pada tanggal 19 Agustus 1945, rombongan Dr. Sam Ratulangi tiba di Saparua, Bulukumba. Setelah tiba di Makassar, Sam Ratulangi langsung menyusun pemerintahan. Sam Ratulangi menjabat sebagai Gubernur Sulawesi dan Mr. Andi Zainal Abidin diangkat sebagai sekertaris daerah. Sementara itu, kalangan pemuda menganggap tindakan Sam Ratulangi sebagai Gubernur terlalu berhati-hati. Oleh karena itu, para pemuda mengorganisir diri untuk merebut gedung yang dianggap penting seperti studio radio, tangsi militer, pos polisi. Kelompok itu terdiri mantan Kaigun, Heiho, dan pelajar.

Pada tanggal 28 Oktober 1945, mereka telah bergerak menuju sasaran dan mulai melakukan pendudukan. Perjuangan yang dilakukan oleh para pemuda dan rakyat Sulawesi Selatan ini bertjuan untuk dapat menegakkan dan membela proklamasi kemerdekaan Indonesia. Gerakan yang dilakukan oleh rakyat dalam menegakkan kemerdekaan it terus menjalar hingga daerah Gorontalo dan Minahasa.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel > Tindakan Heroik di Berbagai Daerah (Sulawesi Selatan) ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 20 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan > Tindakan Heroik di Berbagai Daerah (Sulawesi Selatan)
 

0 comments:

Posting Komentar